Selasa, 03 April 2012

Analisis Kompetensi Dasar Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi dan peran virus dalam kehidupan


Standar Kompetensi       : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar           : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi dan peran virus dalam kehidupan 
Tujuan Pembelajaran     :
1.       Mengidentifikasi ciri-ciri virus
2.       Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya
3.       Menggambarkan struktur tubuh virus dan mengetahui bagian-bagiannya
4.       Mendeskripsikan cara replikasi virus
5.       Membuat charta replikasi virus
6.       Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan
7.       Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus seperti influenza, Aids, flu burung

                                                  Dimensi Pengetahuan
Dimensi Proses Kognitif
Mengingat
Memahami
Mengaplikasikan
Menganalisis
Mengevaluasi
Mencipta
A.      Pengetahuan
Faktual


Tujuan 3
Tujuan 6

Tujuan 4
Tujuan 6

Tujuan 7
Tujuan 2
Tujuan 6
Tujuan 2
Tujuan 7
Tujuan 5

B.      Pengetahuan Konseptual


Tujuan 1
Tujuan 6

Tujuan 1
Tujuan 4
Tujuan 6
Tujuan 3
Tujuan 2
Tujuan 6
Tujuan 2

Tujuan 3
Tujuan 5
C.      Pengetahuan Prosedural



Tujuan 5




D.      Pengetahuan Metakognitif




Tujuan 7




Tujuan 1               : Tujuan 1 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual ranah kognitif mengingat dan memahami karena untuk mengidentifikasi ciri-ciri virus, siswa memerlukan pengetahuan tentang virus dan memahaminya yang diperoleh secara konseptual (kajian literature)
Tujuan 2               : Tujuan 2 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual dan faktual dan ranah kognitif menganalisis dan mengevaluasi  karena untuk membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya, siswa harus membandingkan virus dengan beberapa makhluk hidup lainnya berdasarkan strukturnya yang diperoleh secara konseptual dan faktual dan dikategorikan mengevaluasi karena untuk membedakan virus dengan beberapa makhluk hidup lainnya berdasarkan strukturnya siswa perlu membandingkannya, dan proses membandingkan tersebut termasuk ke dalam ranah kognitif mengevaluasi.
Tujuan 3               : Tujuan 3 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual dan faktual dan ranah kognitif mengingat, mengaplikasikan, dan mencipta karena untuk dapat menggambarkan struktur virus dan bagian-bagiannya, siswa perlu pengetahuan tentang bentuk virus yang diperoleh secara konseptual (gambar) dan secara factual karena media yang digunakan berupa animasi power point, dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dengan membuat suatu gambar tentang virus, sementara membuat dikategorikan dalam ranah mencipta.
 Tujuan 4              : Tujuan 4 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual dan faktual dan ranah kognitif memahami karena untuk mendeskripsikan cara replikasi virus, siswa memerlukan pengetahuan tersebut yang diperoleh secara konseptual (kajian literatur) dan faktual (animasi power point) sehingga dapat memahami dan mendeskripsikannya.
Tujuan 5               : Tujuan 5 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual, faktual dan prosedural ranah memahami dan mencipta karena untuk membuat charta, siswa memerlukan pemahaman tentang replikasi virus yang diperoleh secara konseptual (kajian literature) dan faktual (animasi power point) sehingga siswa mengetahui langkah-langkah replikasi virus sehingga mampu membuat charta replikasi virus.
Tujuan 6               : Tujuan 6 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan faktual, konseptual ranah kognitif mengingat, memahami, dan menganalisis karena untuk mengetahui peranan virus memerlukan pengetahuan tentang dampak virus bagi kehidupan dengan cara mengingat dan memahami yang diperoleh secara faktual dan konseptual yang akhirnya dapat dianalisis untuk mengetahui keuntungan dan kerugiannya.
Tujuan 7               : Tujuan 7   dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan faktual dan metakognitif ranah kognitif mengaplikasi dan mengevaluasi karena untuk mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus memerlukan pengetahuan tentang bahaya  virus itu sendiri yang diperoleh secara faktual. Mengevaluasi dan mengaplikasikannya dengan cara mengkomunikasikan di lingkungan masyarakat (Tidak hanya memerlukan pengetahuan tentang biologi tetapi juga memerlukan keterampilan berkomunikasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar