Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip
pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri
replikasi dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan Pembelajaran :
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri virus
2.
Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya
3.
Menggambarkan struktur tubuh virus dan
mengetahui bagian-bagiannya
4.
Mendeskripsikan cara replikasi virus
5.
Membuat charta replikasi virus
6.
Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan
merugikan bagi kehidupan
7.
Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya
virus seperti influenza, Aids, flu burung
Dimensi Pengetahuan
|
Dimensi Proses Kognitif
|
|||||
Mengingat
|
Memahami
|
Mengaplikasikan
|
Menganalisis
|
Mengevaluasi
|
Mencipta
|
|
A.
Pengetahuan
Faktual
|
Tujuan 3
Tujuan 6
|
Tujuan 4
Tujuan 6
|
Tujuan 7
|
Tujuan 2
Tujuan 6
|
Tujuan 2
Tujuan 7
|
Tujuan 5
|
B.
Pengetahuan Konseptual
|
Tujuan 1
Tujuan 6
|
Tujuan 1
Tujuan 4
Tujuan 6
|
Tujuan 3
|
Tujuan 2
Tujuan 6
|
Tujuan 2
|
Tujuan 3
Tujuan 5
|
C.
Pengetahuan Prosedural
|
|
Tujuan 5
|
|
|
|
|
D.
Pengetahuan Metakognitif
|
|
|
Tujuan 7
|
|
|
|
Tujuan 1 : Tujuan 1 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan
konseptual ranah kognitif mengingat dan memahami karena untuk mengidentifikasi
ciri-ciri virus, siswa memerlukan pengetahuan tentang virus dan memahaminya
yang diperoleh secara konseptual (kajian literature)
Tujuan 2 : Tujuan 2 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan
konseptual dan faktual dan ranah kognitif menganalisis dan mengevaluasi karena untuk membedakan struktur virus dengan
makhluk lainnya, siswa harus membandingkan virus dengan beberapa makhluk hidup
lainnya berdasarkan strukturnya yang diperoleh secara konseptual dan faktual
dan dikategorikan mengevaluasi karena untuk membedakan virus dengan beberapa
makhluk hidup lainnya berdasarkan strukturnya siswa perlu membandingkannya, dan
proses membandingkan tersebut termasuk ke dalam ranah kognitif mengevaluasi.
Tujuan 3 : Tujuan 3 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan
konseptual dan faktual dan ranah kognitif mengingat, mengaplikasikan, dan
mencipta karena untuk dapat menggambarkan struktur virus dan bagian-bagiannya,
siswa perlu pengetahuan tentang bentuk virus yang diperoleh secara konseptual
(gambar) dan secara factual karena media yang digunakan berupa animasi power
point, dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dengan membuat suatu gambar
tentang virus, sementara membuat dikategorikan dalam ranah mencipta.
Tujuan 4 :
Tujuan 4 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan konseptual dan faktual dan
ranah kognitif memahami karena untuk mendeskripsikan cara replikasi virus,
siswa memerlukan pengetahuan tersebut yang diperoleh secara konseptual (kajian literatur)
dan faktual (animasi power point) sehingga dapat memahami dan
mendeskripsikannya.
Tujuan 5 : Tujuan 5 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan
konseptual, faktual dan prosedural ranah memahami dan mencipta karena untuk
membuat charta, siswa memerlukan pemahaman tentang replikasi virus yang
diperoleh secara konseptual (kajian literature) dan faktual (animasi power
point) sehingga siswa mengetahui langkah-langkah replikasi virus sehingga mampu
membuat charta replikasi virus.
Tujuan 6 : Tujuan 6 dikategorikan ke dalam dimensi pengetahuan faktual,
konseptual ranah kognitif mengingat, memahami, dan menganalisis karena untuk
mengetahui peranan virus memerlukan pengetahuan tentang dampak virus bagi
kehidupan dengan cara mengingat dan memahami yang diperoleh secara faktual dan
konseptual yang akhirnya dapat dianalisis untuk mengetahui keuntungan dan
kerugiannya.
Tujuan 7 : Tujuan 7 dikategorikan
ke dalam dimensi pengetahuan faktual dan metakognitif ranah kognitif
mengaplikasi dan mengevaluasi karena untuk mengkomunikasikan cara menghindari
diri dari bahaya virus memerlukan pengetahuan tentang bahaya virus itu sendiri yang diperoleh secara faktual.
Mengevaluasi dan mengaplikasikannya dengan cara mengkomunikasikan di lingkungan
masyarakat (Tidak hanya memerlukan pengetahuan tentang biologi tetapi juga
memerlukan keterampilan berkomunikasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar